Tips Merawat Gigi Susu

Pentingkah merawat Gigi Susu anak sejak dini? Jawabnya PENTING. Biasanya gigi susu akan mulai tumbuh saat anak berusia 5 – 8 bulan, walau kadang ada beberapa anak yang pertumbuhannya giginya lebih lambat. Gigi susu ini berperan terhadap perkembangan rahang, otot – otot wajah, pengunyahan dan merupakan guidance bagi posisi gigi tetapnya kelak

 

Gigi susu yang hilang terlalu dini, dapat menyebabkan pertumbuhan gigi tetapnya miring Karena tidak mendapatkan ruangan di dalam rahang.

Berikut beberapa Tips dalam merawat gigi susu balita anda :

  1. Mulailah merawat Gigi susu anak anda, segera setelah gigi tersebut tumbuh. Pada awalnya mungkin bisa dengan kain kasa yang anda lilitkan pada tangan anda. Lalukan pada pagi hari dan sebelum tidur atau setelah minum susu.Selain membuat gigi balita anda bersih,hal ini dapat menjadikan balita terbiasa untuk membersihkan giginya sejak dini.
  2. Setelah gigi susu tumbuh agak banyak, anda bisa mulai menggunakan sikat gigi anak, dengan bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang kecil.
  3. Perhatikan baik – baik dalam penggunaan pasta gigi. Sebaiknya baru gunakan pasta gigi ketika anak anda sudah berusia dua tahun atau sudah bisa meludah. Pada awalnya anda bisa menggunakan air dan sikat gigi saja. Karena dalam menyikat gigi gerakan mekaniklah yang paling penting.
  4. Pilihlah pasta gigi anak dengan kandungan fluoride yang rendah, dan hanya gunakan sedikit pasta gigi saja saat menyikat, kira – kira sebesar biji jagung.
  5. Sikatlah gigi anak anda dengan lembut dan dengan gerakan memutar hingga seluruh permukaan gigi tersikat. Jangan lupa sikat juga lidah anak anda, karena disini juga bersarang bakteri penyebab bau mulut.
  6. Gantilah sikat gigi anak anda 3 bulan sekali, atau jika bulu sikatnya telah mekar.
  7. Hindarilah kebiasaan balita anda untuk menyusu dengan botol sebelum tidur, atau bahkan tertidur dengan botol masih didalam mulut. Hal ini bisa mengakibat gigi anak anda rusak karena terlumuri susu yang manis dalam waktu lama.
  8. Mulailah biasakan balita anda minum susu dengan gelas saat usia 1 tahun.
  9. Bijaklah dalam memilih susu anak anda. Hindari susu dengan kandungan gula tinggi. Susu murni adalah yang terbaik.
  10. Kontrolah asupan gula yang di konsumsi balita anda. Ingatkanlah selalu untuk minum atau kumur dengan air putih setelah makan permen, coklat atau kue yang manis.
  11. Ajaklah balita anda ketika anda berkunjung ke dokter gigi. Selain membiasakan anak dengan suasana di ruang dokter gigi. Hal ini juga bisa memupuk keberaniannya kelak. INGAT jangan sekali – sekali menakut – nakuti anak akan dokter gigi, karena ini bisa merupakan awal traumanya untuk datang ke dokter gigi.

 

Kontak

Map

View on Google Map

Jl. Kemang Raya No. 3 - Jakarta Selatan
[email protected]
Telephone: +62 21 718 1329
mobilephone: 0838.907.878.99

On +Google Page

 

Nama 
Email 
Subyek 
Pesan 
Please enter the following wsgeyvcq Help us prevent SPAM!