Perlukah Mencabut Gigi Geraham Bungsu?

Gigi geraham bungsu atau nama lainnya adalah geraham ketiga/wisdom teeth/gigi geraham impaksi adalah gigi geraham yang tumbuh pada bagian paling belakang dari jajaran gigi bagian bawah dan bagian atas. Biasanya gigi ini akan tumbuh pada saat seseorang berusia 17 – 21 tahun.

Sejalan dengan evolusi manusia, beberapa ahli berpendapat bahwa terjadi perubahan pada ukuran rahang manusia, dimana rahang menjadi lebih kecil sehingga ruang untuk tumbuh gigi menjadi lebih sempit. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak sempurna.

Pertumbuhan/kemunculan gigi geraham bungsu yang tidak sempurna dapat menyebabkan posisi gigi yang tidak teratur. Kemunculan posisi gigi geraham bungsu yang tidak sempurna (melintang/miring) dapat menyebabkan masalah pada gigi yang lainnya dimana gigi geraham bungsu mendorong gigi depannya dan berpotensi merusak gigi depannya tersebut.

Gigi geraham bungsu yang tidak muncul kepermukaan gusi dengan baik juga dapat menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan yang pada akhirnya akan membuat gigi berlubang.

Selain itu, para ahli menyatakan bahwa 50% kasus kista berhubungan dengan gigi geraham impaksi pada rahang bawah. Mahkota gigi impaksi tumbuh dalam suatu selaput. Jika selaput tersebut menetap dalam tulang rahang, dapat terisi oleh cairan yang akhirnya membentuk kista yang dapat merusak tulang, gigi dan saraf.

Melihat beberapa kemungkinan efek negatif dari keberadaan gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak teratur, ada baiknya kita berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mempertimbangkan kemungkinan pengangkatan gigi tersebut.

Kontak

Map

View on Google Map

Jl. Kemang Raya No. 3 - Jakarta Selatan
[email protected]
Telephone: +62 21 718 1329
mobilephone: 0838.907.878.99

On +Google Page

 

Nama 
Email 
Subyek 
Pesan 
Please enter the following hflwgkbb Help us prevent SPAM!