Merawat kesehatan gigi dan mulut bagi lansia

Rutin menyikat gigi setiap hari sebenarnya mampu mengurangi penumpukan plak yang ada pada permukaan gigi. Hanya saja, lansia yang mengalami penurunan pada gusinya atau resesi gusi, harus benar-benar memperhatikan teknik menyikat gigi yang tepat. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut serta pasta gigi yang mengandung fluoride.

Penggunaan obat kumur antiseptic juga penting bagi kesehatan gigi dan mulut. Zat yang terkandung di dalamnya bermanfaat bagi permukaan gigi dan lingkungan mulut. Selain itu, senyawa di dalam kandungan obat kumur yang berperan sebagai pembunuh bakteri, juga efektif dalam mengobati radang gusi atau gingivitis.

merawat kesehatan gigi dan mulut bagi lansiaSementara itu, bagi lansia yang memakai gigi tiruan seluruhnya, pembersihan dan perawatan secara efektif tetap harus dilakukan. Sikat dan bilaslah gigi tiruan Anda setiap hari. Selanjutnya, jangan lupa untuk melepasgigi tiruan tersebut saat Anda beristirahat di malam hari.

Rendam gigi tiruan dalam air hangat atau air yang sudah diisi pembersih khusus gigi tiruan. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan dan pemijatan pada jaringan di bawah gigitiruan minimal satu kali sehari. Hal ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi dan kesehatan pada jaringan.

Terakhir, jalani pemeriksaan dengan dokter gigi secara rutin untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut Anda. Ini bertujuan agar bila terjadi masalah, dokter gigi dapat segera mengatasinya.

Merawat kesehatan gigi dan mulut untuk para lansia sangatlah penting. Selain rutin membersihkan gigi, para lansia sebaiknya mengurangi konsumsi makanan manis, menjaga pola makan sehat, dan berhenti merokok. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek gigi secara rutin ke dokter gigi.

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3628023/tips-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-bagi-lansia

Kontak

Map

View on Google Map

Jl. Kemang Raya No. 3 - Jakarta Selatan
[email protected]
Telephone: +62 21 718 1329
mobilephone: 0838.907.878.99



Nama 
Email 
Subyek 
Pesan 
Please enter the following utoqmmeb Help us prevent SPAM!